MAKALAH
EVALUASI PENDIDIKAN DALAM ISLAM
Disusun untuk Memenuhi Salaah Satu Tugas pada Mata
Kuliah Pendidikan Agama Islam
Disusun
oleh kelompok 10:
1. Riswandi Maulana 142154034
2. Nova Nurhakim 142154035
3. Eka Kusnadi 142154011
4. Tria Hudan Fauzi 142154009
PROGRAM STUDY PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SILIWANGI
2014
KATA PENGANTAR
Puji serta syukur senantiasa penulis panjatkan
kehadirat Allah S.W.T, karena berkat rahmat dan karunianya penulis dapat
menyelesaikan penysunan makalah yang berjudul “ Evaluasi Pendidikan dalam
Islam”.
Penulisan makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi salah
satu tugas yang diberikan dalam mata kuliah MKPK Agama Islam Universitas
Siliwangi.
Dalam penulisan makalah ini penulis merasa masih
banyak kekurangan yang harus di lengkapi baik pada sistematika penulisan
makalah ataupun materi, mengingat kemampuan penulis yang masih harus banyak
belajar. Untuk itu penulis sangat mengharapkan kritk dan saran dari semua pihak
demi menyempurnakan makalah ini.
Penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak
terhingga kepada pihak – pihak yang membantu dalam menyelesaikan penyusunan
makalah ini, khususnya kepada :
1.
Kepada
Ibu Hj. Heni Sukmawati S. Ag., M. Pd
yang telah memberikan tugas dan petunjuk mengenai pembuatan tugas makalah ini.
2.
Teman
– teman kelompok yang sudah membantu mengumpulkan informasi mengenai pengerjaan
makalah ini.
3.
Teman
– teman kelas A yang memberikan dukungan demi terselesaikannya tugas ini.
4.
Secar
khusus penulis sampaikan kepada keluarga tercinta, yang telah memberikan
motivasi dan bantuan serta pengertian yang besar.
5.
Kepada
semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu, yang telah memberikan
bantuan, dukungan, dan arahan.
Akhirnya
penulis berharap semoga Alloh S.WT membalas dengan imbalan yang setimpal,
kepada mereka yang telah memberikan bantuan, dorongan dan arahan. Dan semoga
semua ini bisa menjadi ibadah, amiin yaa robbal ‘alamiin.
Tasikmalaya, 24 September 2014
Tim Penulis
DAFTAR
ISI
Halaman
KATA PENGANTAR.............................................................
i
DAFTAR ISI............................................................................
ii
ABSTRAK...............................................................................
iii
BAB 1 PENDAHULUAN.......................................................
1
1.1 Latar
Belakang.......................................................
1
1.2 Rumusan
Masalah..................................................
2
1.3 Tujuan dan Manfaat
Penulisan............................... 2
1.4 Metode
Penulisan...................................................
2
1.5 Sistematika
Penulisan............................................. 2
BAB 2 PEMBAHASAN..........................................................
3
2.1 Pengertian Evalusi Pendidikan
dalam Islam........... 3
2.2 Sasaran Atau Obyek Evaluasi dalam Pendidikan Islam. 4
2.3 Jenis – Jenis
Evaluasi.............................................. 5
BAB 3 PENUTUP
3.1
Kesimpulan.............................................................
8
3.2 Saran – Saran..........................................................
8
DAFTAR
FUSTAKA
ABSTRAK
Dalam penulisan makalah ini menjelaskan tentan Evaluasi
Pendidkan dalam Islam menginngat Pendidikan
merupakan salah satu alat yang sempurna untuk memcahkan suatu masalah serta
mencapai kesuksesan. Banyak hal yang telah dicapai dengan adanya pendidikan
baik itu kesuksesan dunia ataupun kesuksesan di akhirat nanti, terutama
pendidikan agama islam, yang merupakan pegangan hidup bagi umat manusia.
Perkebangan pendidikan yang ada di seluruh dunia baik itu Indonesia sudah
berkembang sangat pesat, baik itu pendidkan tentang teknologi, pengetahuan
alam, dan sosial, tak terkecuali pendidikan agama islam yang didalam
pelaksanaannya sejajar dengan pendidkan umum.
Dengan
metode punilsan yang secara sistematis memunngkin pembaca dapat memahama
makalah ini dengan mudah, mengingat makalah ini bersumber dari reperensi yang
terpercaya serta sudah banyak di publikasikan di media masa.
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pendidikan merupakan salah satu alat yang sempurna
untuk memcahkan suatu masalah serta mencapai kesuksesan. Banyak hal yang telah
dicapai dengan adanya pendidikan baik itu kesuksesan dunia ataupun kesuksesan
di akhirat nanti, terutama pendidikan agama islam, yang merupakan pegangan
hidup bagi umat manusia. Perkebangan pendidikan yang ada di seluruh dunia baik
itu Indonesia sudah berkembang sangat pesat, baik itu pendidkan tentang
teknologi, pengetahuan alam, dan sosial, tak terkecuali pendidikan agama islam
yang didalam pelaksanaannya sejajar dengan pendidkan umum, Rasululullah SAW
bersabda : “didiklah budi pekerti anak – anakmu itu lebih tinggi daripada
keadaanmu sekarang, sebab dia telah dijadikan oleh allah untuk jaman yang bukan
jaman engkau”.(HR. Bukhari, 1993 :48).[1]
Dengan adanya perkembangan pendidikan pasti akan
membutuhkan sebuah rencana tidak lanjut, atau sebuah penilain kedepannya, maka
di dalam pendidikan Islam pun ada yang dinamakan dengan evalusi, dimana evalusi
ini merupakan wadah untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan sebuah tujuan
kegiatan. Maka denga adanya evalusi, suatu kegiatan dapat diketahui atau
dtentukan tarap kemajuannya.
Oleh karena itu demi terselenggaranya Pendidikan Islam
yang baik, yang bisa diterima dan mampu dipahami oleh peserta didik, dan sudah
sejauh mana keberhasilan kurikulum yang diterapkan, evaluasi pendidikan islam
perlu dilaksanakan, sesuai dengan UUSPN NO.2 Tahun 1989 tentang Sistem
Pendidikan Nasional BAB XII Pasal 43 dan Pasal 44, yang menyatakan bahwa
penilaian pendidikan mencakup penilain kegiatan dan kemajuan belajar peserta
didik serta hasil belajar suatu jenis atau jenjang pendikan.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang tersebut maka
dapat dibuat rumusan masalah sebagai berikut:
1.
Apakah
yang dimaksud dengan Evalausi Pendidikan dalam Islam.?
2.
Apa
saja yang menjadi sasaran/obyek Evaluasi Pendidikan dalam Islam.?
3.
Ada
berapakah jenis – jenis evaluasi.?
1.3
Tujuan dan Manfaat Penulisan
Tujuan ditulisnya makalah ini adalah
untuk memenuhi tugas MKPK Agama Islam dan menjawab pertanyaan yang ada
dirumusan masalah.
Manfaat dari penuulisan makalah ini
adalah untuk meninngkatkan kemampuan penulis dan pembaca mengenai Evaluasi
Pendidikan dalam Islam, serta sudah sejauh mana kita menggetahui tentang Islam
yang akhrinya kita akan mengenal Islam lebih jauh.
1.4
Metode Penulisan
Dalam penulisan makalah ini penulis
menggeunakan study kunjungan ke perpustakaan dan kepustakaan. Reperensi
penulisan makalah ini tidak hanya bersumber dari buku. Tetapi dari media –
media lain seperti google, google scholar, blog dan perangkat media masa
lainnya yang diambil dari internet.
1.5
Sistematika Penulisan
Sistematiak penulisan makalah ini
tersusun menjadi tiga bab, bab pendahuluan, bab pembahasan, bab pentup. Bab
pendahuluan terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat
penulisan, metode penulisan, sistematika penulisan. Bab pembahasan terdiri dari
pengertian evaluasi pendidikan, tujan dan fungsi evaluasi pendidikan, sasaran
atau obyek evaluasi pendidikan, jenis jenis evaluasi pendidikan. Bab penutup
berisi tentang kesimpulan dari materi yang di jelaskan.
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Evaluasi Pendidikian dalam Islam
Evaluasi adalah suatu
kegiatan yang biasanya dilakukan untuk membuat penilaian terhadap kelayakan
suatu perencanaan, implementasi, dan hasil suatu program atau kebijakan,
menurut Stanly dan Hopkins(1978) “ we use
the word evaluation to designate summing – up proses in wich falue judgements
play a large part,...”, jadi pada inntinya evalusi adalah suatu kegiatan
yang dilakukan untuk membuat penilain tentang nilai sesuatu. Kegiatan ini
penting dan berkembang, karena suatu perencanaan program yang baik belum tentu
di implementasikan dengan baik dan akibatnya dapat menghasilkan suatu kebijakan
yang optimal. Apalagi kalau perencanaan program itu tidak baik kemudian tidak
di implementasikan dengan baik pula, maka dapat berakibat pada pencapaian hasil
kebijakan yang fatal.[2]
Adapun mengenai
pendidikan, berasal dari kata “didik”,mendapat awalan “me”, sehingga menjadi
“mendidik”, artinya memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara dan
memberi latihan di perlukan adanya ajaran, tuntunan, dan pimpinan mengenai
ahlak dan kecerdasan pikiran (kamus besar bahasa indonesia, 1991:232),
selanjutnya pengertian “pendidikan” menurut kamus besar bahasa indonesia ialah
proses perubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha
mendewasakan manusia melalui upaya pelajaran dan pelatihan.
Dalam bahasa inggris, education ( pendidikan), berasal dari
kata educate (mendidik) artinya
memberi peningkatan (to elicit, to give
rise to), dan mengembangkan (to
evolve, to develop). Dalam memberi pengertian yang sempit, education atau pendidikan berarti
perbuatan atau proses perbuatan untuk memperoleh pengetahuan (Mc Leoc, 1989).[3]
Selanjutnya, menurut
Poerbakawatja dan Harahap (1981) pendidikan adalah:
Usaha secara sengaja dari orang dewasa untuk dengan
pengaruhnya meningkatkan si anak ke kedewasaan yang selalu diartikan mampu
menimbulkan tanggung jawab moral dari segala perbuatannya. Orang dewasa itu
adalah orang tua si anak atau orang yang atas dasar tugas dan kedudukannya
mempunyai kewajiban untuk mendidik, misalnya : guru sekolah, pendeta atau kyai
dalam lingkunagan keagamaan, kepala – kepala asrama, dan sebagainya.[4]
Pendidikan islam adalah suatu
usaha untuk mengembangkan fitrah manusia dengan ajaran islam agar terwujud
kehidupan manusia yang makmur dan bahagia dnuia dan akhirat.[5]
Jadi penulis dapat
menyimpulkan pengertian evaluasi pendidikan dalam islam adalah suatu proses
penilain mengenai taraf kemajuan dan kelayakan yang terdapat dalam proses
pendidikan atau proses mengajar dalam usaha mengembangkan fitrah manusia dengan
ajaran islam.
2.2
Sasaran Atau
Obyek Evaluasi dalam Pendidikan Islam
Sasaran atau ruang lingkup
evalusi berkaitan dengan cakupan objek evaluasi itu sendiri. Jika objek
evaluasi tentang pembelajaran, maka semu hal yang berkaitan dengan pembelajaran
menjadi ruang lingkup evaluasi pembelajaran. Dalam kesempatan ini, ruang
lingkup evaluasi pembelajaran akan ditinjau dari berbagai aspek, yaitu domain
hasil belajar, sistem pembelajaran, proses dan hasil belajar, dan kompetensi.
Hal ini dimaksudkan agar guru betul – betul dapat membedakan antara evaluasi
pembayaran dengan penilaian hasil belajar sehingga tidak terjadi kekeliruan
atau tumpang tindih dalam penggunaannya.[6]
Langkah yang harus ditempuh
seorang pendidik dalam mengevaluasi adalah menetapkan apa yang menjadi sasaran
evaluasi tersebut. Sasaran evalusi sangat penting untuk diketahui supaya
memudahkan pendidik dalam menyusun alat – alat evaluasinya. Pada umumnya ada
tiga sasaran pokok evalusi, yaitu:
1.
Segi tingkah
laku, artinya segi-segi yang menyangkutsikap, minat,perhatian, keterampilan
peserta didik sebagai akibat dari proses belajar mengajar.
2.
Segi
pengetahuan, artinya penguasaan belajar yang diketahui oleh guru dalam proses
belajar mengajar.
3.
Segi yang
menyangkut prose belajar mengajar yaitu
bahwa proses belajar mengajar perlu diberi penilaian secar obyektip dari guru.
Sebab baik tidaknya proses belajar mengajar akan menentukan baik tidaknya hasil
belajar yang di capai oleh peserta didik.[7]
Selanjutnya,
ilmu pendidikan islam juga bertujuan memberikan penjalasan teoretis tentang
tujuan pendidikan yang harus dicapai, landasan teori, cara, dan metode dalam
mendidik, dan seterusnya.
Tujuan ilmu
pendidikan islam lebih lanjut dapat dikemukakan sebagai berikut :
1.
Melakukan
pembuktian terhadap teori – teori kependidikan islam yang merangkum aspirasi atau
cita – cita islam yang harus diikhtiarkan agar menjadi kenyataan.
2.
Memberikan
bahan – bahan informasi tentang pelaksanaan pendidikan dalam segala aspek bagi
pengembangan ilmu pendidikan islam tersebut. Ia memberikan bahan masukan yang
berharga pada ilmu ini.[8]
2.3 Jenis – Jenis Evaluasi
1.
Jenis- jenis evaluasi berdasarkan sasaran
a. Evaluasi Konteks
Evaluasi yang di tujukan untuk mengukur program, baik mengenai rasional,
tujuan latar belakang program, maupun kebutuhan- kebutuhan yang muncul dalam
perencanaan.
b. Evaluasi
Input
Evaluasi yang di arahkan untuk mengetahui
input baik sumber daya maupun strategi yang di gunakan unuk mencapai tujuan.
c. Evaluasi Proses
Evaluasi yang di tujukan mengenai kelancaran
proses, kesesuayan dengan rencana faktor pendukung dan faktor hambatan yang
muncul dalam proses pelaksanaan dan sejenisnya.
d. Evaluasi Hasil Atau Produk
Evaluasi yang di arahkan untuk melihat
hasil program yang di capai sebagai dasar untuk menentukan utusan akhir, di
perbaiki, di modipikasi, di tingkatkan, atau di hentikan
e. Evaluasi Outcome Atau Lulusan
Evaluasi yang di arahkan untuk melihat
hasil belajar siswa lebih lanjut, yakni evaluasi lulusan setelah terjun ke
masyarakat.
2.
Jenis evaluasi
berdasarkan lingkup kegiatan pembelajaran
a.
Evaluasi
program pembelajaran
Evaluasi yang mencakup terhadap tujuan
pembelajaran, isi program pembelajaran strategi belajar mengajar, aspek- aspek
program pembelajaran yang lain.
b.
Evaluasi proses
pembelajaran
Evaluasi yang mencakup
kesuswaian antara proses pembelajaran dengan garis – garis besar program pembelajaran
yang ditetapkann,kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran,
kemampuan sisiwa dalam mengikuti pembelajaran.
c.
Evaluasi hasil
pembelajaran
Evaluasi hasil belajar mencapai
tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan pembelajran yang ditetapkan, baik umum
maupun khusus, ditinjau dari aspek kognitif, apektif, dan psikomotor.
Tetapi ada juga evaluasi yang
biasanya dilakukan, dan itu sesuai dengan kondisi dan apa yang kita inginkan
dari hasil evaluasi tersebut ada beberapa jenis dalam sistem evaluasi yaitu :
1.
Evalusi
Sumantif
Evaluasi sumantif adalah
evaluasi yang dilakukan terhadap hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik
yang telah mengikuti pembelajaran dalam satu caturwulan, semester atau akhir
tahun.
2.
Evaluasi
Formatif
Evaluasi formatif yaitu
evaluasi untuk mengetahui hasil belajar yang di capai peserta didik setelah
menyelesaikan program dalam satu materi pokopada suatu bidang studi tertentu.
3.
Evaluasi
penempatan
Evaluasi penempatan yaitu
evaluasi tentang pribadi peserta didik untuk kepentingan penetapan dalam
situasi belajar yang sesuai dengan peserta didik
4.
Evaluasi
dianostik
Evaluasi dianostik yaitu
evaluasi yang di lakukan terhadap hasil penganalisaan tentang keadaan belajar
peserta didikan baik merupakan kesulita
atau hambatan yang di temui dalam proses pembelajaran.[9]
BAB 3
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Jadi kesimpulannya
evaluasi pendidikan dalam islam adalah suatu proses penilaian mengenai tarap
kemajuan dan kelayakan yang terdapat dalam proses pendidikan atau proses
mengajar dalam usaha mengembangkan fitrah manusia. Sehingga Sasaran atau ruang lingkup evalusi berkaitan dengan cakupan objek evaluasi
itu sendiri. Jika objek evaluasi tentang pembelajaran, maka semu hal yang
berkaitan dengan pembelajaran menjadi ruang lingkup evaluasi pembelajaran.
Dalam kesempatan ini, ruang lingkup evaluasi pembelajaran akan ditinjau dari
berbagai aspek, yaitu domain hasil belajar, sistem pembelajaran, proses dan
hasil belajar, dan kompetensi. Dalam peng aplikasiannya evalusi dibagi menjadi
beberapa jenis evaluasi yaitu evaluasi konteks, evaliasi input, evaluasi
proses, evaluasi hasil atau produk, evaluasi outcom atau lulusan.
3.2
Saran-saran
Semoga dengan
ditulisnya makalah ini dapat menambah ilmu pengetahuan bagi pembaca yang membaca makalah ini, dan
semoga dengan adanya makalah ini tidak membuat pembaca dan penulis untuk
mencari ilmu tambahan dari sumber – sumber lain.
DAFTAR PUSTAKA
1. Suresman Edi, dkk. 2006, Pendidikan Agama Islam, Bandung,
Universitas Pendidikan Indonesia
2. Ali Mohammad, Aspari Mohammad, Metodologi dan Aplikasi Riset
Riset
Pendidikan, PT Bumi Aksara
3. Dalyono M, 2012, Psikologi
Pendidikan, Jakarta, Perpustakan Nasional
4. Dalyono M, 2012, Psikologi
Pendidikan, Jakarta, Perpustakan Nasional
5. Anonim, 2012, Pengertian
Pendidikan Menurut Para Ahli, [online]
Tersedia ; http :// www.referensimakalah.com/2012/02/definisi
–pendidikan-islam-menurut-para_2655.htmll
6. Anonim, 2013, Subjek
dan Sasaran Evaluasi Pendidikan, [online] tersdia :
7. Laila, 2012, Sasaran
Atau Obyek Evalusi Pendidikan, [online] tersedia :
8. Abbudinata Haji, 2010, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Pers
Rajawali
9. Qaqa Indra, 2012, Jenis-jenis
Evaluasi Pendidikan, [online], tersedia
http://indraqaqa111.blogspot.com/2012/12/jenis-jenis-evaluasi-pendidikan.html
MAKALAH
EVALUASI PENDIDIKAN DALAM ISLAM
Disusun untuk Memenuhi Salaah Satu Tugas pada Mata
Kuliah Pendidikan Agama Islam
Disusun
oleh kelompok 10:
1. Riswandi Maulana 142154034
2. Nova Nurhakim 142154035
3. Eka Kusnadi 142154011
4. Tria Hudan Fauzi 142154009
PROGRAM STUDY PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SILIWANGI
2014
KATA PENGANTAR
Puji serta syukur senantiasa penulis panjatkan
kehadirat Allah S.W.T, karena berkat rahmat dan karunianya penulis dapat
menyelesaikan penysunan makalah yang berjudul “ Evaluasi Pendidikan dalam
Islam”.
Penulisan makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi salah
satu tugas yang diberikan dalam mata kuliah MKPK Agama Islam Universitas
Siliwangi.
Dalam penulisan makalah ini penulis merasa masih
banyak kekurangan yang harus di lengkapi baik pada sistematika penulisan
makalah ataupun materi, mengingat kemampuan penulis yang masih harus banyak
belajar. Untuk itu penulis sangat mengharapkan kritk dan saran dari semua pihak
demi menyempurnakan makalah ini.
Penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak
terhingga kepada pihak – pihak yang membantu dalam menyelesaikan penyusunan
makalah ini, khususnya kepada :
1.
Kepada
Ibu Hj. Heni Sukmawati S. Ag., M. Pd
yang telah memberikan tugas dan petunjuk mengenai pembuatan tugas makalah ini.
2.
Teman
– teman kelompok yang sudah membantu mengumpulkan informasi mengenai pengerjaan
makalah ini.
3.
Teman
– teman kelas A yang memberikan dukungan demi terselesaikannya tugas ini.
4.
Secar
khusus penulis sampaikan kepada keluarga tercinta, yang telah memberikan
motivasi dan bantuan serta pengertian yang besar.
5.
Kepada
semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu, yang telah memberikan
bantuan, dukungan, dan arahan.
Akhirnya
penulis berharap semoga Alloh S.WT membalas dengan imbalan yang setimpal,
kepada mereka yang telah memberikan bantuan, dorongan dan arahan. Dan semoga
semua ini bisa menjadi ibadah, amiin yaa robbal ‘alamiin.
Tasikmalaya, 24 September 2014
Tim Penulis
DAFTAR
ISI
Halaman
KATA PENGANTAR.............................................................
i
DAFTAR ISI............................................................................
ii
ABSTRAK...............................................................................
iii
BAB 1 PENDAHULUAN.......................................................
1
1.1 Latar
Belakang.......................................................
1
1.2 Rumusan
Masalah..................................................
2
1.3 Tujuan dan Manfaat
Penulisan............................... 2
1.4 Metode
Penulisan...................................................
2
1.5 Sistematika
Penulisan............................................. 2
BAB 2 PEMBAHASAN..........................................................
3
2.1 Pengertian Evalusi Pendidikan
dalam Islam........... 3
2.2 Sasaran Atau Obyek Evaluasi dalam Pendidikan Islam. 4
2.3 Jenis – Jenis
Evaluasi.............................................. 5
BAB 3 PENUTUP
3.1
Kesimpulan.............................................................
8
3.2 Saran – Saran..........................................................
8
DAFTAR
FUSTAKA
ABSTRAK
Dalam penulisan makalah ini menjelaskan tentan Evaluasi
Pendidkan dalam Islam menginngat Pendidikan
merupakan salah satu alat yang sempurna untuk memcahkan suatu masalah serta
mencapai kesuksesan. Banyak hal yang telah dicapai dengan adanya pendidikan
baik itu kesuksesan dunia ataupun kesuksesan di akhirat nanti, terutama
pendidikan agama islam, yang merupakan pegangan hidup bagi umat manusia.
Perkebangan pendidikan yang ada di seluruh dunia baik itu Indonesia sudah
berkembang sangat pesat, baik itu pendidkan tentang teknologi, pengetahuan
alam, dan sosial, tak terkecuali pendidikan agama islam yang didalam
pelaksanaannya sejajar dengan pendidkan umum.
Dengan
metode punilsan yang secara sistematis memunngkin pembaca dapat memahama
makalah ini dengan mudah, mengingat makalah ini bersumber dari reperensi yang
terpercaya serta sudah banyak di publikasikan di media masa.
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pendidikan merupakan salah satu alat yang sempurna
untuk memcahkan suatu masalah serta mencapai kesuksesan. Banyak hal yang telah
dicapai dengan adanya pendidikan baik itu kesuksesan dunia ataupun kesuksesan
di akhirat nanti, terutama pendidikan agama islam, yang merupakan pegangan
hidup bagi umat manusia. Perkebangan pendidikan yang ada di seluruh dunia baik
itu Indonesia sudah berkembang sangat pesat, baik itu pendidkan tentang
teknologi, pengetahuan alam, dan sosial, tak terkecuali pendidikan agama islam
yang didalam pelaksanaannya sejajar dengan pendidkan umum, Rasululullah SAW
bersabda : “didiklah budi pekerti anak – anakmu itu lebih tinggi daripada
keadaanmu sekarang, sebab dia telah dijadikan oleh allah untuk jaman yang bukan
jaman engkau”.(HR. Bukhari, 1993 :48).[1]
Dengan adanya perkembangan pendidikan pasti akan
membutuhkan sebuah rencana tidak lanjut, atau sebuah penilain kedepannya, maka
di dalam pendidikan Islam pun ada yang dinamakan dengan evalusi, dimana evalusi
ini merupakan wadah untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan sebuah tujuan
kegiatan. Maka denga adanya evalusi, suatu kegiatan dapat diketahui atau
dtentukan tarap kemajuannya.
Oleh karena itu demi terselenggaranya Pendidikan Islam
yang baik, yang bisa diterima dan mampu dipahami oleh peserta didik, dan sudah
sejauh mana keberhasilan kurikulum yang diterapkan, evaluasi pendidikan islam
perlu dilaksanakan, sesuai dengan UUSPN NO.2 Tahun 1989 tentang Sistem
Pendidikan Nasional BAB XII Pasal 43 dan Pasal 44, yang menyatakan bahwa
penilaian pendidikan mencakup penilain kegiatan dan kemajuan belajar peserta
didik serta hasil belajar suatu jenis atau jenjang pendikan.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang tersebut maka
dapat dibuat rumusan masalah sebagai berikut:
1.
Apakah
yang dimaksud dengan Evalausi Pendidikan dalam Islam.?
2.
Apa
saja yang menjadi sasaran/obyek Evaluasi Pendidikan dalam Islam.?
3.
Ada
berapakah jenis – jenis evaluasi.?
1.3
Tujuan dan Manfaat Penulisan
Tujuan ditulisnya makalah ini adalah
untuk memenuhi tugas MKPK Agama Islam dan menjawab pertanyaan yang ada
dirumusan masalah.
Manfaat dari penuulisan makalah ini
adalah untuk meninngkatkan kemampuan penulis dan pembaca mengenai Evaluasi
Pendidikan dalam Islam, serta sudah sejauh mana kita menggetahui tentang Islam
yang akhrinya kita akan mengenal Islam lebih jauh.
1.4
Metode Penulisan
Dalam penulisan makalah ini penulis
menggeunakan study kunjungan ke perpustakaan dan kepustakaan. Reperensi
penulisan makalah ini tidak hanya bersumber dari buku. Tetapi dari media –
media lain seperti google, google scholar, blog dan perangkat media masa
lainnya yang diambil dari internet.
1.5
Sistematika Penulisan
Sistematiak penulisan makalah ini
tersusun menjadi tiga bab, bab pendahuluan, bab pembahasan, bab pentup. Bab
pendahuluan terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat
penulisan, metode penulisan, sistematika penulisan. Bab pembahasan terdiri dari
pengertian evaluasi pendidikan, tujan dan fungsi evaluasi pendidikan, sasaran
atau obyek evaluasi pendidikan, jenis jenis evaluasi pendidikan. Bab penutup
berisi tentang kesimpulan dari materi yang di jelaskan.
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Evaluasi Pendidikian dalam Islam
Evaluasi adalah suatu
kegiatan yang biasanya dilakukan untuk membuat penilaian terhadap kelayakan
suatu perencanaan, implementasi, dan hasil suatu program atau kebijakan,
menurut Stanly dan Hopkins(1978) “ we use
the word evaluation to designate summing – up proses in wich falue judgements
play a large part,...”, jadi pada inntinya evalusi adalah suatu kegiatan
yang dilakukan untuk membuat penilain tentang nilai sesuatu. Kegiatan ini
penting dan berkembang, karena suatu perencanaan program yang baik belum tentu
di implementasikan dengan baik dan akibatnya dapat menghasilkan suatu kebijakan
yang optimal. Apalagi kalau perencanaan program itu tidak baik kemudian tidak
di implementasikan dengan baik pula, maka dapat berakibat pada pencapaian hasil
kebijakan yang fatal.[2]
Adapun mengenai
pendidikan, berasal dari kata “didik”,mendapat awalan “me”, sehingga menjadi
“mendidik”, artinya memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara dan
memberi latihan di perlukan adanya ajaran, tuntunan, dan pimpinan mengenai
ahlak dan kecerdasan pikiran (kamus besar bahasa indonesia, 1991:232),
selanjutnya pengertian “pendidikan” menurut kamus besar bahasa indonesia ialah
proses perubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha
mendewasakan manusia melalui upaya pelajaran dan pelatihan.
Dalam bahasa inggris, education ( pendidikan), berasal dari
kata educate (mendidik) artinya
memberi peningkatan (to elicit, to give
rise to), dan mengembangkan (to
evolve, to develop). Dalam memberi pengertian yang sempit, education atau pendidikan berarti
perbuatan atau proses perbuatan untuk memperoleh pengetahuan (Mc Leoc, 1989).[3]
Selanjutnya, menurut
Poerbakawatja dan Harahap (1981) pendidikan adalah:
Usaha secara sengaja dari orang dewasa untuk dengan
pengaruhnya meningkatkan si anak ke kedewasaan yang selalu diartikan mampu
menimbulkan tanggung jawab moral dari segala perbuatannya. Orang dewasa itu
adalah orang tua si anak atau orang yang atas dasar tugas dan kedudukannya
mempunyai kewajiban untuk mendidik, misalnya : guru sekolah, pendeta atau kyai
dalam lingkunagan keagamaan, kepala – kepala asrama, dan sebagainya.[4]
Pendidikan islam adalah suatu
usaha untuk mengembangkan fitrah manusia dengan ajaran islam agar terwujud
kehidupan manusia yang makmur dan bahagia dnuia dan akhirat.[5]
Jadi penulis dapat
menyimpulkan pengertian evaluasi pendidikan dalam islam adalah suatu proses
penilain mengenai taraf kemajuan dan kelayakan yang terdapat dalam proses
pendidikan atau proses mengajar dalam usaha mengembangkan fitrah manusia dengan
ajaran islam.
2.2
Sasaran Atau
Obyek Evaluasi dalam Pendidikan Islam
Sasaran atau ruang lingkup
evalusi berkaitan dengan cakupan objek evaluasi itu sendiri. Jika objek
evaluasi tentang pembelajaran, maka semu hal yang berkaitan dengan pembelajaran
menjadi ruang lingkup evaluasi pembelajaran. Dalam kesempatan ini, ruang
lingkup evaluasi pembelajaran akan ditinjau dari berbagai aspek, yaitu domain
hasil belajar, sistem pembelajaran, proses dan hasil belajar, dan kompetensi.
Hal ini dimaksudkan agar guru betul – betul dapat membedakan antara evaluasi
pembayaran dengan penilaian hasil belajar sehingga tidak terjadi kekeliruan
atau tumpang tindih dalam penggunaannya.[6]
Langkah yang harus ditempuh
seorang pendidik dalam mengevaluasi adalah menetapkan apa yang menjadi sasaran
evaluasi tersebut. Sasaran evalusi sangat penting untuk diketahui supaya
memudahkan pendidik dalam menyusun alat – alat evaluasinya. Pada umumnya ada
tiga sasaran pokok evalusi, yaitu:
1.
Segi tingkah
laku, artinya segi-segi yang menyangkutsikap, minat,perhatian, keterampilan
peserta didik sebagai akibat dari proses belajar mengajar.
2.
Segi
pengetahuan, artinya penguasaan belajar yang diketahui oleh guru dalam proses
belajar mengajar.
3.
Segi yang
menyangkut prose belajar mengajar yaitu
bahwa proses belajar mengajar perlu diberi penilaian secar obyektip dari guru.
Sebab baik tidaknya proses belajar mengajar akan menentukan baik tidaknya hasil
belajar yang di capai oleh peserta didik.[7]
Selanjutnya,
ilmu pendidikan islam juga bertujuan memberikan penjalasan teoretis tentang
tujuan pendidikan yang harus dicapai, landasan teori, cara, dan metode dalam
mendidik, dan seterusnya.
Tujuan ilmu
pendidikan islam lebih lanjut dapat dikemukakan sebagai berikut :
1.
Melakukan
pembuktian terhadap teori – teori kependidikan islam yang merangkum aspirasi atau
cita – cita islam yang harus diikhtiarkan agar menjadi kenyataan.
2.
Memberikan
bahan – bahan informasi tentang pelaksanaan pendidikan dalam segala aspek bagi
pengembangan ilmu pendidikan islam tersebut. Ia memberikan bahan masukan yang
berharga pada ilmu ini.[8]
2.3 Jenis – Jenis Evaluasi
1.
Jenis- jenis evaluasi berdasarkan sasaran
a. Evaluasi Konteks
Evaluasi yang di tujukan untuk mengukur program, baik mengenai rasional,
tujuan latar belakang program, maupun kebutuhan- kebutuhan yang muncul dalam
perencanaan.
b. Evaluasi
Input
Evaluasi yang di arahkan untuk mengetahui
input baik sumber daya maupun strategi yang di gunakan unuk mencapai tujuan.
c. Evaluasi Proses
Evaluasi yang di tujukan mengenai kelancaran
proses, kesesuayan dengan rencana faktor pendukung dan faktor hambatan yang
muncul dalam proses pelaksanaan dan sejenisnya.
d. Evaluasi Hasil Atau Produk
Evaluasi yang di arahkan untuk melihat
hasil program yang di capai sebagai dasar untuk menentukan utusan akhir, di
perbaiki, di modipikasi, di tingkatkan, atau di hentikan
e. Evaluasi Outcome Atau Lulusan
Evaluasi yang di arahkan untuk melihat
hasil belajar siswa lebih lanjut, yakni evaluasi lulusan setelah terjun ke
masyarakat.
2.
Jenis evaluasi
berdasarkan lingkup kegiatan pembelajaran
a.
Evaluasi
program pembelajaran
Evaluasi yang mencakup terhadap tujuan
pembelajaran, isi program pembelajaran strategi belajar mengajar, aspek- aspek
program pembelajaran yang lain.
b.
Evaluasi proses
pembelajaran
Evaluasi yang mencakup
kesuswaian antara proses pembelajaran dengan garis – garis besar program pembelajaran
yang ditetapkann,kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran,
kemampuan sisiwa dalam mengikuti pembelajaran.
c.
Evaluasi hasil
pembelajaran
Evaluasi hasil belajar mencapai
tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan pembelajran yang ditetapkan, baik umum
maupun khusus, ditinjau dari aspek kognitif, apektif, dan psikomotor.
Tetapi ada juga evaluasi yang
biasanya dilakukan, dan itu sesuai dengan kondisi dan apa yang kita inginkan
dari hasil evaluasi tersebut ada beberapa jenis dalam sistem evaluasi yaitu :
1.
Evalusi
Sumantif
Evaluasi sumantif adalah
evaluasi yang dilakukan terhadap hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik
yang telah mengikuti pembelajaran dalam satu caturwulan, semester atau akhir
tahun.
2.
Evaluasi
Formatif
Evaluasi formatif yaitu
evaluasi untuk mengetahui hasil belajar yang di capai peserta didik setelah
menyelesaikan program dalam satu materi pokopada suatu bidang studi tertentu.
3.
Evaluasi
penempatan
Evaluasi penempatan yaitu
evaluasi tentang pribadi peserta didik untuk kepentingan penetapan dalam
situasi belajar yang sesuai dengan peserta didik
4.
Evaluasi
dianostik
Evaluasi dianostik yaitu
evaluasi yang di lakukan terhadap hasil penganalisaan tentang keadaan belajar
peserta didikan baik merupakan kesulita
atau hambatan yang di temui dalam proses pembelajaran.[9]
BAB 3
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Jadi kesimpulannya
evaluasi pendidikan dalam islam adalah suatu proses penilaian mengenai tarap
kemajuan dan kelayakan yang terdapat dalam proses pendidikan atau proses
mengajar dalam usaha mengembangkan fitrah manusia. Sehingga Sasaran atau ruang lingkup evalusi berkaitan dengan cakupan objek evaluasi
itu sendiri. Jika objek evaluasi tentang pembelajaran, maka semu hal yang
berkaitan dengan pembelajaran menjadi ruang lingkup evaluasi pembelajaran.
Dalam kesempatan ini, ruang lingkup evaluasi pembelajaran akan ditinjau dari
berbagai aspek, yaitu domain hasil belajar, sistem pembelajaran, proses dan
hasil belajar, dan kompetensi. Dalam peng aplikasiannya evalusi dibagi menjadi
beberapa jenis evaluasi yaitu evaluasi konteks, evaliasi input, evaluasi
proses, evaluasi hasil atau produk, evaluasi outcom atau lulusan.
3.2
Saran-saran
Semoga dengan
ditulisnya makalah ini dapat menambah ilmu pengetahuan bagi pembaca yang membaca makalah ini, dan
semoga dengan adanya makalah ini tidak membuat pembaca dan penulis untuk
mencari ilmu tambahan dari sumber – sumber lain.
DAFTAR PUSTAKA
1. Suresman Edi, dkk. 2006, Pendidikan Agama Islam, Bandung,
Universitas Pendidikan Indonesia
2. Ali Mohammad, Aspari Mohammad, Metodologi dan Aplikasi Riset
Riset
Pendidikan, PT Bumi Aksara
3. Dalyono M, 2012, Psikologi
Pendidikan, Jakarta, Perpustakan Nasional
4. Dalyono M, 2012, Psikologi
Pendidikan, Jakarta, Perpustakan Nasional
5. Anonim, 2012, Pengertian
Pendidikan Menurut Para Ahli, [online]
Tersedia ; http :// www.referensimakalah.com/2012/02/definisi
–pendidikan-islam-menurut-para_2655.htmll
6. Anonim, 2013, Subjek
dan Sasaran Evaluasi Pendidikan, [online] tersdia :
7. Laila, 2012, Sasaran
Atau Obyek Evalusi Pendidikan, [online] tersedia :
8. Abbudinata Haji, 2010, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Pers
Rajawali
9. Qaqa Indra, 2012, Jenis-jenis
Evaluasi Pendidikan, [online], tersedia
http://indraqaqa111.blogspot.com/2012/12/jenis-jenis-evaluasi-pendidikan.html
0 komentar:
Posting Komentar